Bengkel servis panggilan Yogyakarta, Bantul, Sleman, dan sekitarnya

CARA MEMPERBAIKI DISPENSER DENGAN TASPEN

PERBAIKI KERUSAKAN DISPENSER


   Dispenser anda rusak,mau mencoba memperbaiki tapi tidak ada alat?coba kita cari yang ada disekitar kita, pernah lihat alat ini?  
Taspen
   Yaa...anda benar,taspen....cuma dengan alat ini bisa memperbaiki dispenser?
Disini kita berbagi trik dan cara memperbaiki sendiri,disaat tidak ada dana untuk mendatangkan servis panggilan. Sebelum lebih lanjut silahkan yang belum tau nama komponen nya bisa baca dibawah sini:


NAMA KOMPONEN DISPENSER


DISPENSER HOT AND NORMAL
Dispenser hot
   Pada dispenser model ini hanya ada satu sistem yaitu pemanas. Cara kerjanya cukup simpel,dari listrik ke thermodis,diteruskan ke elemen pemanas,disini energi listrik diubah menjadi panas,secara otomatis air yang ada didalam tank pemanas menjadi panas. 
   Kerusakan biasanya terjadi pada thermodis 50% dan di elemen pemanasnya sekitar 35%,sedang kebocoran hanya 15% saja. Mari kita bahas langkah memperbaikinya


1. Saklar
2. Thermodisk
3. Thermodisk
4. Kabel arus listrik
5. Soket heater / Elemen pemanas
6. Selang tank pemanas
7. Selang air normal
8. Selang penguapan


  • Buka baut penutup belakang dispenser.
  • Lepaskan kedua kabel yang menancap di soket heater/ elemen pemanas pastikan jangan menempel dibody dispenser.
  • Tancapkan jack ke stop kontak.
  • Cek menggunakan taspen salah satu kabel harusnya menunjukkan kalau ada arusnya yang ditandai dengan lampu taspen menyala.
  • Lepaskan jack lalu putar dan tancapkan lagi,lakukan pengecekan pada kabel / soket satunya, jika lampu taspen menyala berarti kerusakan ada pada heater / elemen pemanasnya. Tetapi bila salah satu kabel tidak ada arusnya walaupun colokan jack sudah diputar berarti arus tidak sampai pada heater dan kerusakan terjadi pada thermodis.
  • Untuk pengecekan thermodis jika menggunakan multimeter cukup mudah,tinggal putar arah multi ke ohm, hubungan kedua kabel multi pada pin thermodis bila terhubung berarti termodis dalam keadaan baik, tetapi bila kita tidak mempunyai multimeter pengecekan cukup dengan menghubungkan kedua soket yang menancap ke thermodis selanjutnya hubungkan jack ke listrik. Tunggu beberapa menit jika heater bekerja dan air menjadi panas berarti thermodis rusak, ganti dengan yang baru. Standart thermodis untuk digunakan di dispenser menggunakan ukuran 85 derajat celcius.
   Cukup mudah kan...ya sistem pemanas memang lebih simpel daripada pendingin. Dan cara ini bisa juga di praktik kan di waterheater yang menggunakan listrik hanya saja bentuk thermodis berbeda bisa berupa thermostat. Untuk konsultasi silahkan klik DISINI

0 Response to "CARA MEMPERBAIKI DISPENSER DENGAN TASPEN"

close
service kulkas yogyakarta